Sabtu, 14 September 2013

Why  Datawarehouse
Nama   : L.Efendi
NIM    : 11.41010.0211
Tugas  : Pertemuan 2  [ MK Data Warehouse ]

Memahami kebutuhan untuk informasi strategis

Ø  History dibangunnya Data Warehouse :
     1.      Pada th. 1990 bisnis semakin komplek, perusahaan tersebar secara global dan kompetisi yg berat. 
     2.      Usaha bisnis executif menjadi tersebar dalam persaingan informasi.
  3. Sistem operasional menyediakan informasi untuk menjalankan operasi sehari-hari, tetapi executive memerlukan berbagai macam jenis informasi yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan yang strategis.
  4. Sistem operasional sangat penting untuk perusahaan, namun tidak dapat menyediakan informasi yang strategis. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengarah kepada cara yang baru dalam memperoleh informasi yang strategis

Ø  Contoh area yang strategis dalam penggunaan datawarehouse
           1.      Retail
n  Kesetiaan Pelanggan
n  Perencanaan  penjualan

  1. Pabrik
n  Pengurangan Harga
n  Manajemen Logistik

  1. Keuangan
n  Manajemen resiko
n  Pendeteksian Penipuan

  1. Perusahaan penerbangan
n  Mengarahkan Profitabilitas
n  Menghasilkan Manajemen

  1. Peralatan
n  Asset Manajemen
n  Sumber daya Manajemen

  1. Pemerintah
n  Perencanaan tenaga kerja
n  Pengendalian Harga

Ø  Contoh-contoh Informasi  strategis  digunakan  untuk  tujuan Bisnis:
  1. Mempertahankan pelanggan saat ini.
  2. Meningkatkan pelanggan sebesar 15% lebih dalam 5 th kedepan.
  3. Penguasaan keuntungan pasar sebesar 10% dalam 3 th kedepan.
  4. Meningkatkan mutu produk.
  5. Meningkatkan layanan pelanggan dalam hal pengiriman.
  6. Membawa 3 produk baru kepasar dalam 3 th.
  7. Meningkatkan penjualan sebesar 15% dalam definisi north earth.
Ø  Kebutuhan informasi dalam mencapai tujuan :
n  Perolehan pengetahuan yang lebih dari operasi perusahaan mereka.
n  Mempelajari factor kunci usaha dan bagaimana pengaruhnya terhadap yang lainnya.
n  Membandingkan  performa  perusahaannya terhadap kompetisi dan terhadap industri black market.
n  Memperhatikan pilihan dan kebutuhan konsumen.
n  kemunculan teknologi hasil penjualan dan pemasaran.
n  Tingkat kualitas dan produk pelayanan.
n  Tipe informasi yang dibutuhkan dalam membuat keputusan meliputi tujuan dan strategi seluruh perusahaan.

            Pengkombinasian semua tipe informasi yang esensial kedalam satu kelompok, disebut dengan konsentrasi strategi bisnis.

Ø  Daftar  Karakteristik  yang  diinginkan  Strategi  Informasi, yaitu :
n  INTEGRATED (INTEGRASI) :  Harus mempunyai satu, pandangan terhadap enterprise-wide
n  DATA INTEGRITY (INTEGRITAS DATA) : Informasi harus akurat dan harus menyesuaikan diri ke aturan bisnis.
n  ACCESSIBLE (DAPAT DIAKSES) : Dapat dengan mudah diakses dengan akses alur  intuitif, dan mau mendengarkan untuk dianalisa.
n  CREDIBLE (TERPERCAYA)  : Tiap-Tiap faktor bisnis harus telah satu dan  hanya satu nilai
n  TIMELY (TEPAT WAKTU) : Informasi harus tersedia di dalam batasan waktu yang yang ditetapkan.

Ø  Mengenali  krisis informasi pada tiap-tiap perusahaan , maka 2 fakta yang ada berkaitan dengan Data Perusahaan:
  1. Mengorganisir banyak data.
  2. Sistem dan sumber TI yang tidak efektif dalam memproses data yang nantinya berguna dalam Strategi Informasi.
n  Krisis Informasi : permasalahan timbul tidak disebabkan dari kapasitas jumlah data yang diterima, tetapi kualitas data yang menyangkut integrity, accesible, credible, timely.
  
Ø  Faktor permasalahan :
  1. Data perusahaan tersebar kebanyak tipe system dan struktur  yang tidak kompitable.
  2. Sistem proses pemesanan mungkin dikembangkan 20 th yg lalu dan berjalan pada mainframe lama.
  3. Beberapa data disimpan dalam file VSAM.
  4. Data pada perusahaan berada pada berbagai macam system, banyak platform dan struktur yang berbeda.

Ø  Perkembangan IT


Ø  History of DSS
n  Ad Hoc Reports.
n  Special Extract Programs..
n  Small Applications.
n  Information Centers.
n  Decision-Support Systems.
n  Executive Information Systems.

Ø  OPERATIONAL VERSUS DECISION-SUPPORT SYSTEMS


Ø  Membedakan  antara Sistem operasional dan sistem informasi
             Sistem Operasional : adalah OLTP, adalah system yang digunakan untuk menjalankan inti bisnis sehari-hari dalam perusahaan. Mereka disebut bread-and butter system. Sistem operasional membuat bisnis berjalan baik

                 System secara khusus mendapatkan data dalam database, masing-masing informasi proses transaksi tentang entity tunggal seperti pesanan tunggal, atau konsumen tunggal.

                 Sistem Informasi : Strukturisasi informasi yang utuh dan terintegrasi dalam sebuah organisasi. Yang digunakan dalam pembuatan keputusan yang strategis.

Ø  Operational / Informasi


Ø  Data warehouse  menjadi solusi yang sehat dan ada Tipe baru dari System Envirenment maupun Fiture yang digunakan dari tipe baru yaitu :
n  Database designed for analytical tasks
n  Data from multiple applications
n  Easy to use and conducive to long interactive sessions by users
n  Read-intensive data usage
n  Direct interaction with the system by the users without IT assistance
n  Content updated periodically and stable
n  Content to include current and historical data
n  Ability for users to run queries and get results online
n  Ability for users to initiate reports

Ø  Business Intelligence at the Data Warehouse


Kesimpulan Data Warehouse
Data Warehouse adalah sebuah Lingkungan informasi yang :
n  Provides an integrated and total view of the enterprise
n  Makes the enterprise’s current and historical information easily available for decision making
n  Makes decision-support transactions possible without hindering operational systems
n  Renders the organization’s information consistent
n  Presents a flexible and interactive source of strategic information

> Blend of many technology






Tidak ada komentar:

Posting Komentar